Monday, January 28, 2013

Pilih Sekolah

Insya Allah Juli taun ini Faris dah umur enam tahun, it means dah mo masuk SD dong ya.. Huaaa time flies sooo fast, bayi kecilku dah mo SD ajah.. *tearyeyes *pelukfarikenceng

Sejak taun lalu aku dah mulai survey SD yang ada di sekitaran rumah kami via Mbah Google. Gak sempet euy kalo harus mendatangi sekolahnya satu persatu. Tapi hasil Googling juga salah satu masukan bagus menurut aku, karena bisa dapat info yang berimbang. Gak cuma dari sekolah tapi dari para orang tua yang anaknya bersekolah di sekolah tersebut, yes?

Sebenarnya aku nyari sekolah yang lokasinya deket dari rumah. Kasian Faris kalo harus melalui jalan-jalan macet itu. Tau sendiri kan yang namanya Trans Yogi itu, hadeeeehhhh ampun dj macetnyaaa..

Di kompleks perumahan kami sebenarnya ada dua SD. Satunya sekolah berbasis agama Nasrani, satunya lagi sekolah umum yang gedee banget menurut aku. Gilak, itu sekolah apa kampus sik? *ndesooooo
Sebenarnya yang sekolah umum ini enak banget dari segi lokasi, deket dari gerbang cluster kami. Tinggal beli sepeda kalo dah kelas empat demi pengiritan ongkos antar jemput hahaha.. Begitu liat biayanya, aku semakin pasti, semakin pasti mundur maksudnya. Masuk SD aja bisa buat umrah dua orang gitu? Hiks, ku tak sangguuuppp.. Belom lagi spp-nya.. Langsung coret! Lagian kata guru PG Faris, sekolahnya juga gak bagus-bagus amat kok. Sama dengan sekolah pada umumnya. Biasa.

Akhirnya ada tiga sekolah yang aku taksir. Semuanya masih berlokasi di daerah tempat tinggal kami. Paling jauh salah satu sekolah yang masih masuk kawasan Jakarta ye. Eke kan di Jakarta coret bok :))

Kenapa pilihannya swasta semua? Yabes di sekitar sini gak ada sekolah negeri yang bagus huhu. Padahal kalo ada sekolah negeri percontohan atau unggulan atau RSBI (yang sekarang dah dihapuskan ya?) pasti deh masuk pertimbangan buat jadi pilihan sekolah Faris.

Setelah baca ini itu, nanya forum sana sini, akhirnya diputuskan untuk mengunjungi salah satu sekolah yang saya taksir. Kami juga ngajak Faris buat ngeliat calon sekolah barunya.

Sampai di sekolah ditemenin ngobrol ma salah satu guru. Dijelaskan visi dan misi sekolah, kurikulum, cara belajar (padahal dah baca di website hehehe). Dianterin juga keliling sekolah, ngeliat kelas, masjid, perpustakaan, cafetaria, amphitheater, toilet, kebun, kambing.. Ya, sekolah ini pelihara kambing cuy :)

Intinya sekolah ini asik. Actually beneran asik buat belajar. Anak-anak gak melulu di kelas. Jadi abis belajar teori, langsung dipraktekkan di lapangan. Misalnya tema minggu ini tumbuhan, ntar dijelasin dulu teorinya gimana, abis itu langsung keluar kelas mengamati tumbuhan. Ntar tumbuhan ini jadi tema setiap pelajaran. Nyambung ke matematika, agama, bahasa, dll. Belajarnya jadi ngga satu arah, soalnya mereka dilatih untuk menyampaikan hasil pengamatan dan ide-ide mereka. Selain itu ada beberapa point yang menurut aku jadi nilai tambah sekolah ini :
- mendidik ahlak anak, membentuk karakter anak. Emang dah jadi salah satu misi sekolah.
- sholat Dhuhur berjamaah di masjid sekolah sebelum pulang.
- kurikulumnya sesuai Diknas walau cara penyampaiannya berbeda.
- akreditasi A
- bahasa pengantarnya Bahasa Indonesia
- jumlah murid maksimal 26 orang dengan 2 orang guru per kelas
- diajarin kewirausahaan, piket di toko sekolah, jualan pas hari memasak
- ada beberapa pilihan ekskul
- outing
- outbound di dalam lingkungan sekolah
- bawa bekal dari rumah, makan bersama di kelas
- GAK HARUS BISA BACA. Yay! Belajar membaca ntar pas masuk kelas 1
- daaann GA ADA PR. Double yay! Anak masih punya waktu buat main dan istirahat di rumah. PR cuma buat anak yang membutuhkan, abis sakit atau emang "tertinggal"

Balik rumah, aku nanya Faris, mau gak sekolah di sana? Jawabnya "mau Bunda" ya ya kalau bisa, Bunda aja pengen sekolah di sana Nak.. :)

Pertenganah Oktober kemaren, balik lagi ke sekolah buat beli formulir pendaftaran, trus ada beberapa form juga yang harus diisi tentang data anak, data kesehatan, dan surat persetujuan. Sekalian ditentukan jadwal seat in. Ini semacam observasi, melihat kemampuan sosialisasi dan kemandirian anak. Anak diikutkan dalam aktifitas kelas. Jadi karena Faris masih TK B, diikutkan di kelas TK B sekolah ini.

Jadwal seat in tiga hari, tapi hari kedua ditelpon gurunya, katanya cukup dua hari aja seat in-nya, karena hasilnya memuaskan. Hohoho *proudmommy

Trua minggu depannya lagi ada wawancara dari pihak sekoah. Ayah&Bunda wawancara hari Jumat trus Faris hari Sabtu. Setelah wawancara, tunggu pengumuman, lulus atau tidak. Hrrrrr...

Setelah menunggu seminggu lebih, pertengahan Desember kemaren akhirnya dapat kabar kalau Faris LULUS. Alhamdulilah... Langsung bayar uang pangkal+SPP bulan pertama+baju seragam outing+uang buku. Karena masih Desember, dapat diskon uang pangkal 10%.. Uhuuyyyy..

Semoga nanti Faris senang di sekolah baru ya Nak, memilih sekolah ini adalah salah satu langkah yang Ayah&Bunda lakukan untuk mempersiapkan masa depanmu. Semoga kelak Faris jadi anak soleh yang cerdas dan selalu berada di jalan Allah SWT, amin.. *lapairmata









6 comments:

MommY Favian said...

ini dah masuk belum sie komennya koq tiba2 ngilang aza....

bang Faris dah jadi anak eSeD euy.....gak kerasa

Arman said...

iya moga2 nanti faris suka dan betah ya ama sekolahnya...

btw salam kenal balik ya! :)

tuty said...

hiks.. perjuangan yg sangat berat ya ketika kita harus mulai memasukkan anak ke sekolah, saya nyari TK aja susahnya bukan main, abisnya disini banyakan yg berbasis Nasrani bahkan Tk umum pun sperti TK TNI/Polri tetep aja berdoanya nasrani, hmm dan yg terberat jika saya harus melepas nya sekolah di Makassar huhuhu...selamat ya faris dah nemu sekolah, mudah2an jd anak yang cerdas dan soleh nak..aamiin

-yuyunmaradil- said...

Iyaaa aunty mel,, time flies so fast ^•^

-yuyunmaradil- said...

Amiinn..
Makasih ya man dah maen ke sini ^•^

-yuyunmaradil- said...

Duuuhh jgn sampai pisah sama anak say, msh kecil soalnya.. Blm bisa pindah kah? Smgt buuu..

Amin, makasih doanya tante tuty ^•^