Saturday, August 16, 2008

Ga punya NPWP? Apa kata dunia??

Skrg saya dah bisa melafalkan kalimat itu tanpa beban, secara saya dah punya NPWP :D
Apa istimewanya coba? Ga ada siy, soalnya saya ngurus NPWP bukan secara sukarela tapi karena terpaksa :P Ada sesuatu yang mengharuskan saya untuk mempunyai NPWP. Kalo ga harus, ga bakalanlah saya mo ngurus. Maklumlah masih tipikal orang Indonesia, takut banget ma yang namanya pajak :D

Masih dengan hati yang ga ikhlas, berangkatlah saya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. KPP Kramat Jati di Jl. Dewi Sartika No. 189A. Sebelumnya, saya baca ini dan ini dulu tentunya, ditambah beberapa situs lain yang ngebahas soal pajak & NPWP. Kalo hasil baca2, ga susah kok ngurus NPWP. Tinggal bawa KTP, isi formulir, nunggu setengah jam, jadi. Prakteknya? Hmmm… tunggu dulu. Karena KTP saya masih KTP Makassar, petugas KPP meminta saya untuk melampirkan FC KTP, surat keterangan domisili dari RT/RW dan Surat Keterangan Kerja dari kantor pada formulir yang saya isi. Ya sud, balik deh. Kudu ngurus surat keterangan dulu. Besoknya saya datang lagi ke KPP, kali ini dengan membawa semua dokumen yang diminta. Kata petugasnya, “Besok aja ya Mbak, lagi rame nih, ditungguin juga ga bakalan kelar…” Waks, berarti saya harus balik lagi ke KPP, duh…

Tapi sekarang, kartu NPWP saya dah di tangan, dengan kewajiban menunggu di bulan Maret 2009. Saya harus melaporkan SPT tahunan ke KPP. Gampang, tinggal nunggu SPT dari kantor aja, toh pajak penghasilan dah dibayar ma kantor. Lagian dengan NPWP ini, mulai tahun 2009 saya ga perlu bayar fiscal kl mo keluar negeri. Mayan kan, sejuta buat makan+blanja, hihihi… Kapan ya ke luar negerinya?? :D

Oya, buat yang blom punya NPWP, bagusnya bikin deh tahun ini mumpung ada sunset policy (penghapusan sanksi administrasi bagi wajib pajak), biar bisa tidur nyenyak.. *promosi mode on*

16 comments:

Anonymous said...

emang kalo dah punya npwp, keluar negeri ga' bayar fiskal gituh?

salam kenal

Anonymous said...

Wah...yuyun ternyata rajin ngeblog jg. Eeeiya...kebetulan saya juga mau ngurus npwp pas di makassar nanti (sdh diniatin sih dari dulu)meskipun tidak ada yang nyuruh. pake biaya ya?yg saya pernah baca sih katanya gratis. btw, nice blog, saya link ya! link back jg boleh.

Anonymous said...

wah kl aq udah diurusin sm kantor mbak, spt-nya kukirim aja by pos.
iya nih, perasaan ktp kita tuh dibilangnya ktp RI ya, kok ya bisa ga berlaku di seluruh wilayah NKRI. mo beli motor aja mesti beli di daerah asal.. capee deh...
hehe salam kenal ya mbak :)

Anonymous said...

I hate taxes!
Tiap bulan salary dipotong buat pajak..dipake buat apa coba? ga kerasa tuh...pembangunan begini2 aja, paling2 abis dikorupsi...
Lebih gampang ngurus n bayar zakat...pastiny lebih tenang, dunia akhirat...hehehehe...
pa kabar, Yun? salam sayang buat dek faris yak...

Anonymous said...

@pengendara
Katanya siy gitu, mulai Januari 2009. Dipraktekin taun depan aja kali ya, hehee.. Salam kenal juga..

@anca
Rajin siy ga, asal ada kesempatan aja :) Iya, 100% gratis tanpa biaya.. Iya, ntar saya link ya.. :)

@pimbem
iya, pajak penghasilan dah dibayar kantor siy, ntr tinggal ngirim copyan SPT-nya aja by pos ke KPP. Iya niy, KTP slalu aja jadi masalah, kudu ngurus KTP Jkt kali ya.. :P

@nuni
Klo ga terpaksa juga aq ga ngurus Nun, hehehe.. alhamdulillah kalo zakat 2.5% dah dipotong otomatis ma kantor (ga riya lohh) tinggal sedekahnya aja niy, mudah2an bisa tenang dunia akhirat ya, amin.. Aq baik, Alhamdulillah..Ntar disampein Nun.. :)

Anonymous said...

ciyee.. NPWP buat apaan nih *gosip gosip* :D
btw aku pass blog award ke yuyun ya, itu tuh yg di blogku. just 4 fun^^

Anonymous said...

assalamu'alaikum......muslim family life long learning program.
salam kenal yah...n sukses deh!!

L. Pralangga said...

Memang sih perlu NPWP, ntar deh pas mudik ngurusnya.. namun saat ini sih masih belum perlu, selama bertugas di negeri si bau kelek ini, penghasilan masih bebas dari pajak nasional.

Salam hangat dari afrika barat!

bluepicko said...

Yun, insyaAllah lebaran dmnks...
nanti sms-an yak kalo udah dmks bwat janjian,,,
btw mana potonya faris...udah bisa ngapain aja neh :)

Anonymous said...

@dhana
Hehehe, ada dey.. Oya, thanx 4 the blog award Dhan..

@imron
waalaikum salam wr wb..
salam kenal juga..

@kstariambojoireng
iya, soalnya taun 2009 dah wajib..
salam kenal ya, jauh amat di Afrika, :)

@upi'
Ok deh, ntar kita konta2an deh..
Foto Faris bisa liat di blognya aja, http://faris.mytinybaby.com..
Alhamdulillah dah setaun Pi, dah bisa lari + makin bawel,hehehe.. Titip sun bwat Hana ya..

Anonymous said...

yun diupdate dunk blognya...

Anonymous said...

kok sama ya?.. minggu lalu saya baru buat NPWP juga.hehe..
sy ndak langsung ke kantor pajak nya.. tapi lewat pos.. katanya sih jadinya cepat bisa 1-2 hari.. tapi dikirim baliknya bisa berminggu2.
Waktu saya telpon ke kantor pajak nya, petugasnya bilang : "NPWP nya sdh jadi pak, tapi sebaiknya diambil langsung, karena klo tetap mau nunggu dikirim lewat pos mungkin agak lama, karena saya masih banyak kerjaan gak sempat ke kantor pos"..
CAPE DEH... :)

Anonymous said...

saya belum pi gang..secara belum jadi pegawai gitu loh..he..he..

~ d'meL ~ said...

hari gini baru punya NPWP....

please dech ach....

keuntungannya banyak, yg pasti minjem ke bank lebih dr 100juta butuh NPWP hehehehehehe.....

Anonymous said...

@pimbem
hehehe, lg sok sibut nih, jd baru bisa apdet :D

@antok
kl saya sih lebih suka dtg langsung ke KPP-nya, bisa nanya langsung dan dapat jawaban langsung :D

@tuty
gampang kok urusnya, suruh suami aja yg urus, istri bisa make NPWP suami kok.. :D

@mela
hehehe, ya gimana mel, butuhnya baru skarang :D

backlink said...

ane kok masih blom sadar pentingnya NPWP yah?? apa kata dunia, biarin aja...
BTW thanks infonya.. sekalian blogwalking... kunjungan balik diharapkan... :lol: